Langsung ke konten utama

Tips memakai progressive lens

Ada beberapa kasus dimana custumer kesulitan memakai lensa progresif, disini kami coba memberikan beberapa tips agar anda terbiasa menggunakan lensa progresif.
Kunci utama agar anda nyaman menggunakan lensa progresif adalah kesabaran, dimana kita dituntut merubah kebiasaan melihat dr lensa single vision yang kita gunakan bertahun2, diganti menjadi lensa progresif (multifocal lens). Apabila anda sudah terbiasa menggunakan lensa progresif, anda akan sangat terbantu dalam aktifitas anda sehari2 dengan lensa progresif.

Lensa progresif merupakan lensa multifocal dimana bagian atas merupakan area untuk melihat jauh, tengah untuk melihat komputer dan bawah merupakan area untuk anda membaca. Harus diingat bahwa setiap lensa progresif pasti terdapat daerah abrasi/distorsi pada kiri kanan lensa, hal ini terasa terutama pada saat anda melirik kiri kanan. Oleh sebab itu ada beberapa tingkatan lensa progresif, seperti yang pernah kami bahas sebelumnya (http://artikeloptikbryant.blogspot.co.id/2018/03/mengapa-harga-lensa-progresif-bisa.html).

Bagi anda yang pertamakali memakai lensa progresif, umumnya perlu melakukan adaptasi beberapa hari bahkan sampai 2 minggu, jangan kwatir itu wajar dan focus apabila sudah terbiasa anda akan sangat terbantu dalam aktifitas anda sehari2.


Cobalah memakai beberapa jam pada hari pertama anda memakai lensa progresif dan jangan dipaksakan, hari berikutnya ditambah 1 jam pemakaian lagi, terus menerus sampai anda terbiasa menggunakannya. Lakukan secara bertahap, mulai dengan melihat beberapa area lensa. Umumnya kesulitan adaptasi dimulai dengan karena anda terlalu banyak menggerakkan kepala terlalu banyak. Harus ingat lagi yang diutamakan adalah pergerakkan bola mata bukan kepala anda agar cepat beradaptasi !

Bagian atas lensa untuk melihat jauh, lalu turunkan bola mata perlahan-lahan jangan terlalu bawah untuk melihat bagian tengah lensa, anda akan merasa perubahan penglihatan , area tengah lensa untuk melihat pekerjaan komputer,dashboard mobil, memasak dll, yang membutuhkan penglihatan jarak menengah. Lalu turunkan bola mata lagi untuk melihat bagian bawah lensa, untuk area membaca.
Harus diingat lagi bahwa pada lensa progresif adalah permainan bola mata  lurus kedepan, bukan kepala anda. Kecuali anda ingin melirik kiri kanan, leher anda harus ikut menoleh, kalau tidak akan terkena area abrasi/distorsi pada lensa progresif

Lakukan latihan diatas dengan sabar dan secara terus menerus, sampai anda terbiasa setiap area pada lensa progresif.

Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam menggunakan lensa progresif dalam aktifitas sehari-hari.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa harga lensa progresif bisa sampai jutaan?

Pernah mendengar pepatah "Apa yang kamu bayarkan, itu yang kamu dapatkan". Pepatah ini berlaku juga pada kwalitas lensa, yang dalam hal ini kami bahas khusus tentang lensa progresif. Lensa progresif itu ada 3 tingkat desain, yang kami coba jelaskan dr yang termurah ke yang termahal. Tingkat 1, adalah yang termurah (harga berkisar 300k-400k), jenis progresif ini menggunakan teknik penggosokan konvensional/traditional, atau sekarang ini dinamakan desain PAL. Dimana hanya pada bagian luar lensa saja. Jelas abrasi/distorsi kiri kanan lensa sangat besar dan luas pandang jauh dan membaca menjadi sangat sempit. Tingkat 2, untuk berbagai macam merk lensa namanya berbeda2 misalnya pada Essilor (Varilux Liberty 3.0, Comfort 3.0 dan Pyhsio 3.0), HOYA (Aplitude Dynamic, Summit Dynamic dan Premium Dynamic), dan sebagainya. Pada tingkat 2 ini istilah umumnya desain Free Form/Digital, dimana penggosokan pada bagian dalam lensa. Sehingga memberikan kenyamanan yang lebih dr tin

Perbedaan jenis-jenis Essilor Varilux

Kami akan mencoba menjelaskan kembali perbedaan jenis-jenis progresif Essilor Varilux Berikut urutan kelas  Essilor Varilux dari seri tertinggi sampai terendah: 1. S.Series 2. Physio 3.0 Digital 3. Comfort 3.0 Digital 4. Liberty 3.0 Digital Semakin tinggi kelas Variluxnya maka semakin luas lapang pandang dan smakin minim daerah distorsi ( daerah berbayang pd lensa progressive). Disamping itu juga semakin tinggi kelas Varilux harganya semakin mahal. Dengan adanya kelas ini tidak dianjurkan untuk turun kelas misalkan customer sudah pakai Comfort dan akan mengganti ke Liberty, kenyamanannya akan berbeda. Dengan melihat kelas progressive dapat membantu kita memilihkan lensa sesuai resep pemakai kacamata. Misalkan: resep dengan nilai ADD sudah lbh dari +2.00 dan ukuran jauh dengan nilai kombinasi spheris dan cylinder yg tinggi,tentunya kita bisa memilihkan lensa yg kelasnya lebih tinggi untuk memudahkan customer beradaptasi saat memakai lensa progressive sehingga nya